II. PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Proses pengambilan keputusan DKM JAMI' NURUL HIDAYAH dilakukan dengan cara musyawarah yang terdiri dari:
2.1. Musyawarah Pleno.
1. Dihadiri oleh seluruh Pengurus DKM JAMI' NURUL HIDAYAH, Dewan Penasehat, dan Lembaga-lembaga yang berada dibawah DKM JAMI' NURUL HIDAYAH.
2. Dilaksanakan setiap 1 (satu) tahun sekali.
3. Diselenggarakan dan dipimpin oleh Pengurus DKM JAMI' NURUL HIDAYAH .
4. Ketua dibantu oleh Sekretaris memimpin jalannya rapat.
5. Membahas Laporan Tahunan Pengurus DKM JAMI' NURUL HIDAYAH dan evaluasinya.
6. Memberi masukan/rekomendasi yang tidak mengikat kepada Pengurus DKM JAMI' NURUL HIDAYAH dalam menjabarkan Program Kerja untuk tahun berikutnya.
2.2. Musyawarah Kerja.
1. Dihadiri oleh seluruh Pengurus DKM JAMI' NURUL HIDAYAH , Dewan Penasehat, dan Lembaga-lembaga yang berada dibawah DKM JAMI'NURUL HIDAYAH .
2. Dilaksanakan setiap 1 (satu) tahun sekali.
3. Diselenggarakan dan dipimpin oleh Pengurus DKM JAMI' NURUL HIDAYAH .
4. Ketua dibantu oleh Sekretaris memimpin jalannya rapat.
5. Dilakukan satu tahun sekali untuk menjabarkan Program Kerja Musyawarah Jama'ah.
6. Merencanakan agenda kegiatan seluruh bidang selama satu tahun ke depan.
7. Menyusun anggaran baik pembiayaan maupun penerimaan secara terintegrasi.
2.3. Musyawarah Kepanitiaan.
1. Dihadiri Pengurus DKM JAMI' NURUL HIDAYAH dan undangan khusus.
2. Ketua Bidang menjadi pimpinan rapat.
3. Dilakukan sesuai dengan kebutuhan untuk:
4. Menyusun rencana kepanitiaan suatu kegiatan.
5. Mempersiapkan pelaksanaan suatu kegiatan secara teknis.
6. Melakukan koordinasi dan evaluasi kegiatan panitia
7. Mempersiapkan Laporan Pertanggungjawaban Panitia.
2.4. Musyawarah Harian.
1. Dihadiri oleh seluruh Pengurus DKM JAMI' NURUL HIDAYAH , Dewan Penasehat, dan Lembaga-lembaga yang berada dibawah DKM JAMI'NURUL HIDAYAH .
2. Dilaksakan setiap saat oleh Pengurus Harian apabila dianggap perlu.
III. KOORDINASI KERJA
3.1. Motivasi dan Sosialisasi.
1. Motivasi kepengurusan disampaikan pada forum-forum musyawarah dan dalam acara pelaksanaan kegiatan.
2. Sosialisai kebijakan dan kegiatan dilakukan melalui forum-forum musyawarah, Lembar Informasi, Papan Informasi dan dalam acara pelaksanaan kegiatan.
3.2. Pendelegasian.
Pendelegasian kepengurusan dilakukan dengan menerbitkan Surat Pelimpahan Tugas.
3.3. Reshuffle.
1. Reshuffle atau pergantian personalia Pengurus DKM JAMI' NURUL HIDAYAH dapat dilakkan dalam Musyawarah Harian.
2. Reshuffle atau pergantian personalia Pengurus DKM JAMI' NURUL HIDAYAH di tetapkan dalam suatu surat keputusan yang ditandatangani Ketua DKM dan Sekretaris DKM.
3. Reshuffle atau pergantian personalia Pengurus DKM JAMI' NURUL HIDAYAH diumumkan kepada seluruh jama'ah melalui Lembar Informasi dan Papan Informasi.
3.4. Pelaporan.
Setiap amanah yang diemban oleh pengurus, kepanitiaan atau unit-unit lain di lingkungan DKM JAMI' NURUL HIDAYAH harus dipertanggungjawabkan dengan menerbitkan laporan. Supaya laporan yang disampaikan memiliki keseragaman, maka perlu ditetapkan standard format-format laporan tersebut, antara lain:
1. Format Laporan Tahunan Pengurus DKM JAMI' NURUL HIDAYAH terdiri:
1. Pendahuluan.
2. Program Kerja Musyawarah Jama'ah.
3. Penjabaran Program Kerja tahunan masing-masing bidang.
4. Realisasi Program Kerja masing-masing bidang.
5. Laporan Keuangan.
6. Evaluasi.
7. Lampiran.
2. Format Laporan Pertanggungjawaban Pengurus DKM JAMI' NURUL HIDAYAH , terdiri dari :
1. Pendahuluan.
2. Program Kerja Musyawarah Jama'ah.
3. Realisasi Program Kerja masing-masing bidang.
4. Laporan Keuangan.
5. Evaluasi.
6. Saran.
7. Lampiran.
3. Format Laporan Panitia, terdiri:
1. Pendahuluan.
2. Persiapan kegiatan.
3. Pelaksanaan kegiatan.
4. Hasil-hasil kegiatan.
5. Laporan Keuangan.
6. Evaluasi.
7. Saran.
8. Lampiran.
Komentar
Posting Komentar